Inilah 15 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Banyak orang yang sering mengabaikan tidur siang dan lebih memilih untuk melanjutkan pekerjaan agar cepat selesai atau melakukan hal yang menyenangkan lainnya. Namun, sebenarnya tidur siang itu memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan dan dapat berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit dalam tubuh. Dengan tidur siang 1 jam setelah kamu merasa penat dengan suatu pekerjaan akan membuat dirimu fresh kembali dan bisa mengerjakan sesuatu dengan lebi efektif lagi. Nah, berikut adalah 15 manfaatnya tidur siang untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Ingat


Source: AlexVan

Tahukah kamu jika tidur siang dapat membantu meningkatkan daya ingat pada otak? Saat kamu meluangkan waktu untuk tidur siang walau hanya sebentar akan membuat pikiranmu lebih fresh dan segar. Ini sangat cocok untuk para lansia yang mudah lupa, lebih baik jika mereka meluangkan waktu untuk tidur siang agar mencegah mereka merasa terlalu lelah. Tidur siang juga akan sangat bermanfaat untuk anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan, agar tidak mudah lupa dengan sesuatu yang mereka simpan atau lakukan. Manfaat tidur siang juga berlaku untuk memudahkan seseorang dalam menghapal sesuatu dan memori dalam ingatannya akan tersusun dengan rapi.

2. Mengubah Mood


Source: cuncon

Ini adalah salah satu manfaat tidur siang yang memang tidak bisa kita pungkiri khasiatnya. Biasanya saat kita merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari karena suatu pekerjaan yang rumit atau karena kita sudah menyelesaikan soal ujian yang rumit. Tidur siang bisa membuat kita melupakan rasa cemas yang sebelumnya kita rasakan, meredakan rasa kesal, menghilangkan rasa sensitif, menghilangkan emosi, dan menghilangkan rasa jengkel. Saat kita merefresh pikiranmu dengan melakukan tidur siang itu akan mengembalikan mood kamu kembali menjadi bagus. Saat bangun kita akan merasa lebih fresh dan mood kita akan bagus kembali untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

3. Meningkatkan Kreativitas


Source: sasint

Saat kita merasa jenuh saat bekerja ataupun belajar akan menyebabkan pikiran kita penuh dan kadang membuat kita merasa terhambat untuk berpikir. Manfaat tidur siang akan membantu me-refreshkan otak kamu yang sebelumnya merasa terlambat untuk berpikir akan sesuatu, sehingga kamu bisa berpikir lebih kreatif lagi setalah bangun dari tidur siang. Belum lagi dengan tidur siang juga bisa bermanfaat untuk memunculkan ide-ide yang baru untuk dilakukan. Jika kamu sudah merasa lelah dengan pekerjaan sebaiknya kamu memanfaatkan waktu istirahatnya dengan baik untuk mengingkatkan kreativitasmu.

4. Untuk Mengatasi Insomnia


Source: Unsplash

Jika kamu mengalami insomnia atau sulit tidur saat malam hari. Kamu bisa mengatasinya dengan tidur siang yang cukup. Manusia memiliki waktu tidur selama 6-8 jam dalam sehari dan biasanya saat kita kurang tidur hal itu akan membuat pikiran kita berantakan dan terasa kacau, belum lagi dampak fisik seperti garis hitam di mata. Kurang tidur akan membuatmu semakin gelisah akan sesuatu karena jantung pada orang yang kurang tidur akan berdetak lebih kencang dan menyebabkan kamu merasa gelisah. Insomnia juga memiliki pengaruh buruk untuk kesehatan tubuh kita, nah jika ingin mengatasinya kamu bisa melakukan tidur siang untuk kembali menambahkan jam tidurmu yang kurang.

5. Mencegah Stres


Source: Unsplash

Seperti yang sudah di bahas di atas, jika kita terlalu sibuk dengan pekerjaan dan memaksakan tubuh dan otak kita untuk bekerja akan membuat kita menjadi stress dan gelisah. Sebaiknya lakukanlah semampu yang kamu bisa lakukan terhadap pekerjaan itu, jika kamu sudah merasa lelah luangkanlah waktu untuk tidur siang walau hanya 1 jam dalam sehari untuk mengembalikan kerja otak kamu dengan benar. Setalah kamu terbangun dari tidur siangmu kamu akan bisa lebih berpikir jernih dan mudah untuk menyelesaikan pekerjaanmu dengan lebih baik.

6. Mencegah Stroke


Source: 705326

Jika kita memiliki pikiran yang berat dan membuat kita stress diri sendiri itu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Salah satunya dampak dari kurang tidur adalah bisa mempengaruhi kesehatan syaraf otak kita. Jika kebiasaan kurang tidur ini terus berlanjut makan kamu akan beresiko terkena penyakit stroke yang berbahaya. Penyakit stroke bahkan bisa merenggut nyawa penderitanya. Kurangnya tidur juga dapat membuat kerja jantung meningkat menjadi lebih cepat mengalirkan darah sehingga bisa membuat kita lebih cepat marah. Nah sekarang, sebaiknya luangkan waktu untuk tidur siang walaupun hanya beberapa saat saja.

7. Menjaga Kesehatan Tubuh


Source: Mops

Saat kita menyepelekan tidur siang dan mengabaikannya, itu akan menyebabkan tubuh kamu dengan berlebihan mengeluarkan hormon stress yang akan membuat kesehatan tubuh kamu terganggu sehingga berdampak pada penyakit diabetes dan juga penyakit jantung. Banyaknya hormon penyebab stres dalam tubuh tentu akan membuat kesehatan kamu terganggu dan membuat kamu lebih mudah terserang penyakit. Melemahnya daya tahan tubuh juga bisa membuat kamu cepat terserang beberapa penyakit termasuk virus-virus di lingkungan kamu, untuk itu dianjurkan untuk kamu tidur siang ya.

8. Membuat Semangat


Source: j_nnesk_sser

Saat kamu sudah merasa lelah dan jenuh pada suatu pekerjaan, kamu cenderung akan lebih cepat merasa bosan dan malas. Tidak hanya untuk mengubah mood menjadi baik, manfaatnya tidur siang juga berguna untuk menambah semangat dalam melanjutkan aktivitas sampai kamu bertemu dengan waktu tidur malam. Setiap manusia yang sudah merasa lelah, berarti itu tanda dari tubuh untuk beristirahat sejenak dengan melakukan tidur siang. Dengan tidur siang kamu bisa meningkatkan semangat kamu dalam bekerja setelah bangun sehingga hasil pekerjaan kamu akan lebih efektif.

9. Meningkatkan Kewaspadaan


Source: cuncon

Saat kerja tubuh berkurang tingkat kewaspadaan pada hal disekitar juga akan berkurang. Hal ini terjadi karena seseorang yang kurang tidur akan berpikir lebih lambat karena kinerja otaknya berkurang. Saat kamu terlalu lelah hal ini akan mempengaruhi tingkat kewaspadaan disekitar kamu pada lingkungan. Kamu akan lebih waspada dan juga peka terhadap sesuatu. Maka dari itu tidur siang sangat bermanfaat untuk kerja tubuh dan otak meningkat. Mari biasakan luangkan waktu untuk melakukan tidur siang agar kamu juga bisa meningkatkan kerja otak kamu.

10. Meningkatkan Fokus


Source: langll

Dalam setiap pekerjaan kita diharuskan untuk bisa fokus di setiap hal yang kita kerjakan sehingga menghasilkan hasil yang diharapkan. Orang yang tidak mempunyai cukup tidur biasanya akan sulit untuk berkonsentrasi saat melakukan pekerjaan apapun. Mereka tidak akan bisa fokus saat bekerja karena kinerja otak mereka juga sedang dalam keadaan lamban. Maka dari itu juga manfaat tidur siang untuk meningkatkan fokus kamu dalam melakukan pekerjaan. Konsentrasi kamu akan lebih baik saat kamu sering meluangkan waktu untuk melakukan tidur siang setiap harinya.

11. Membuang Toxin Dalam Tubuh


Source: Bergadder

Tahukah kamu, jika tidur siang juga bisa bermanfaat menghilangkan toxin dalam tubuh? Saat kita melakukan aktivitas dengan tidak kenal lelah, biasanya toxin dalam tubuh akan mudah meningkat. Toxin atau racun yang di produksi oleh tubuh kita secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan kita. Maka dari itu tidur siang dapat membuang toxin dalam tubuh kita, toxin dalam tubuh kita akan keluar saat kita tertidur salah satunya saat kita melakukan tidur siang. Ini artinya tidur siang memanglah sangat baik untuk kesehatan tubuh.

12. Melancarkan Metabolisme dalam Tubuh


Source: Unsplash

Metabolisme dalam tubuh yaitu suatu proses yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Saat kita terlalu sering melakukan aktivitas tanpa henti itu akan membuat metabolisme dalam tubuh kamu berkurang dan membuat pertumbuhan dan perkembangan dalam diri kamu juga terhambat. Maka dari itu tidur siang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita khususnya untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Kamu tidak akan mudah terserang penyakit jika sistem metabolisme tubuhmu berjalan dengan baik.

13. Mengendalikan Emosi


Source: adamkontor

Kurang tidur memang tidak akan baik pada sistem kinerja tubuh kita dan juga bisa mempengaruhi respon kita dalam menghadapi sesuatu. Menjadi lebih sesitif biasanya akan dirasakan oleh seseorang yang kurang tidur. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi jika kita kurang tidur tubuh akan mudah mengeluarkan hormon stres dalam tubuh sehingga kita akan lebih sesitif terhadap sesuatu. Belum lagi dampak kurang tidur pada kinerja jantung yang menjadi lebih cepat dalam memompa darah kita, hal ini dapat menyebabkan emosi kita mudah tersulut karena itu merupakan respon bahwa tubuh kita sedang merasa lelah. Kita akan lebih mudah emosi dan lebih sensitif daripada sebelumnya. Belum lagi pekerjaan yang berantakan karena itu dan bisa membuat kita tidak disukai oleh orang yang berada disekitar kita. Tidur siang juga bisa membantu memperbaiki mood kamu dan memudahkan kamu untuk mengontrol emosi kamu. Untuk itu jangan lupakan tidur siang di waktu luang kamu.

14. Membuat Kamu Lebih Fresh


Source: jura-photography

Setelah melakukan rutinitas kerja yang membuat kamu lelah sebaiknya kamu manfaatkan waktu istirahat kamu dengan tidur siang. Setelah melakukan rutinitas kerja dan merasa lelah dan bosan membuat tingkat produktifitas kerja kamu akan menurun sehingga percuma saja bila kamu memaksakan diri jika memang tubuhmu sudah lelah. Biasanya setelah bangun dari tidur siang walau kurang dari 1 jam akan membuat diri kamu fresh kembali dan kembali bersemangat lagi dalam bekerja. Untuk itu manfaatkan waktu luang kamu dengan tidur siang agar waktu minimal tidurmu terpenuhi.

15. Mencegah Penyakit Jantung


Source: cuncon

Seperti penyakit stroke yang disebabkan oleh stres yang berlebihan. Jantung kadang juga bisa disebabkan oleh kurangnya jam tidur yang seharusnya. Manusia memiliki waktu tidur minimal 6-8 jam sehari, nah jika kita tidur dengan waktu kurang dari 8 jam maka akan membuat detak jantung kita semakin cepat dan itu tidak baik untuk kamu. Jika ini dialami disetiap harinya dalam jangka panjang, kebiasaan kurang tidur akan berakibat pada kinerja jantungmu dan akan menyebabkan seseorang menderita penyakit jantung.

Nah itulah 15 manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuhmu. Kesehatan tidak selalu diatur oleh pola makan saja, dari aktivitas dan kebiasaan kesehariannya juga akan menyebabkan daya tahan tubuh sseorang. Nah, tidur siang ini juga ternyata bisa berpengaruh dalam kesehatan tubuh manusia. Manusia bukanlah robot yang selalu bisa bekerja 24 jam per harinya, maka dari itu manfaatkan waktu istirahatmu untuk tidur secara teratur dengan porsi tidur yang cukup.

Tulis komentar